Blogger Widgets

QC

Selasa, 07 Juni 2016

MAKALAH MANAJEMEN OPERASI GLOBAL McDonald’s Corporation

MAKALAH
MANAJEMEN OPERASI GLOBAL
McDonald’s Corporation





Disusun Oleh :

M.Ulin Nuha Zaenal Abidin ( 1M121851 )
M. Ainun Najib ( 1M121846 )
M. Ali Alfan ( 1M121847 )
Adhy Lis Puspitasari ( 1M121768 )
Rizcky Yunita Soebagyo ( 1M121890 )


SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
BANK BPD JATENG SEMARANG 2016

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 latar belakang
Perkembangan perekonomian saat ini sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi di segala bidang terutama bidang perdagangan yang mulai menawarkan produk investasi seperti franchise, lisensi, dan lain-lain. Diantara sekian banyak produk investasi yang ditawarkan, franchise merupakan salah satu alternatif investasi yang dipilih karena proses pengoperasiannya yang mudah, dan sistem manajerial yang sudah jelas serta sesuai dengan standar operasi yang telah dilaksanakan di perusahaan secara umum.
Produk franchise yang ditawarakan antara lain dalam bidang kuliner, ritel, dan jasa. Dalam hal ini kami memngkhususkan diri pada produk franchise dalam bidang kuliner yaitu restoran cepat saji McDonald’s. McDonald’s merupakan salah satu franchise terbesar yang berkembang pesat di Indonesia maupun di dunia internasioanal. Sampai saat ini, McDonald’s masih menunjukkan eksistensinya dalam perkembangan perekonomian suatu negara.

1.2 Rumusan Masalah
a.      Menjelaskan secara sistematis untuk menganalisi proses atau kegiatan McDonalds
b.      Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan Mc Donald.

1.3 Landasan teori
1. McDonald’s Internasional
Restoran ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald's pada tahun 1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu McDonald's hanya merupakan restoran Drive In yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya. Kedua bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran mereka, yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan. Fokus pengembangannya adalah pada kecepatan pelayanan yang diharapkan akan meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah kecepatan, harga terjangkau dan volume.
Restoran ini juga telah memiliki logo sendiri yaitu The Golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter yang merupakan seorang perancang neonsign. Logo ini memiliki warna kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung mencerminkan huruf “M” dari McDonald's. Pada saat itu, terjadi persaingan ketat pada bisnis Drive In dan McDonald's bersaudara ini mengalami kesulitan dalam berorganisasi dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka. Dan saat itulah mereka bertemudengan seseorang yang bernama Ray Kroc. Ray Kroc lah yang membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan restoran melalui konsep fast food.
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba). Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan yang akan berliansi. Jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an, produk-produk burger McDonald's yang merupakan produk-produk fast food, didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's ini mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian. Untuk itu Kroc menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu lemak dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion 0,23 ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis, Kroc juga memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. Sistem inilah yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Untuk itulah profesionalisme harus diterapkan. Dalam paradigma yang baru setiap operator danpewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan manajemen professional. Maka pada tahun 1961, Kroc meluncurkan programpelatihan yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality, Service, Cleanliness, and Value).
 Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200 restoran di seluruh Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc telah membeli saham perusahaan dari McDonald's bersaudara dengan hampir senilai US$ 3.000.000,00. Perusahaan fast food McDonald's ini terus mengembangkan jaringan waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini McDonald's Corporation bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang terbesar di dunia.


BAB II 
PEMBAHASAN

2.1 Menjelaskan secara sistematis untuk menganalisi proses atau kegiatan McDonalds

1 . Logistik Inbound
McDonald pembelian sayuran mentah dan bahan baku lainnya dari fixed , pemasok yang telah ditetapkan perusahaan saja, sehingga dengan meningkatkan modal dan tenaga kerja , produksi mereka akan meningkat secara proporsional .
Sumber dan informasi lebih lanjut :
McDonald telah berlatih integrasi ke belakang vertikal ,
dengan mengganti sebagian besar pemasoknya . Ia telah melakukannya selama dua alasan ,
 1 ) Untuk mengurangi biaya
 2 ) Untuk memastikan bahwa produknya adalah kualitas atas .
“ Persediaan ini termasuk daging sapi dan susu untuk digunakan dalam produk-produknya , yang mendapat dari peternakan nya . Pemasok lainnya termasuk toko-toko bahan makanan lokal yang memasok McDonald dengan segar sayuran . Minuman ringan yang disediakan secara eksklusif oleh Coca - Cola , yang juga nya sekutu . Persediaan McDonald juga termasuk bahan baku seperti tepung , gula , ragi , dll "
McDonald informasi sendiri :
“Kami mengimpor beberapa bahan baku daging sapi dari Australia dan Selandia Baru . Dan tanaman tersebut harus memenuhi semua persyaratan yang sama kami yang kami pegang pabrik AS untuk , yang mencakup kesejahteraan hewan dan keamanan pangan , pengujian - semuanya ".



 2 . operasi:
Backgrouds McDonald untuk Manajemen Operasi
Sebelum saudara McDonald menciptakan sistem operasi makanan cepat saji , beberapa restoran memang membuat makanan yang cukup cepat . Restoran ini dipekerjakan pendek - order koki , yang mengkhususkan diri dalam membuat makanan yang tidak memerlukan banyak waktu persiapan .

Menjadi seorang juru masak yang singkat -order mengambil keterampilan dan pelatihan , dan koki yang baik dalam permintaan tinggi . Ini sistem Speedee , bagaimanapun , benar-benar berbeda . Alih-alih menggunakan juru masak terampil untuk membuat makanan cepat , dulu banyak pekerja tidak terampil .
McDonald Bruder mengubah desain dapur restoran . Daripada memiliki banyak peralatan yang berbeda dan stasiun untuk mempersiapkan luas dari berbagai makanan , dapur Speede memiliki :

·         Sebuah panggangan sangat besar di mana satu orang bisa memasak banyak burger bersamaan

·         Sebuah stasiun rias di mana orang menambahkan bumbu yang sama untuk setiap burger

·         Sebuah fryer di mana satu orang dapat membuat french fries

·         Sebuah air mancur soda dan milkshake mesin untuk makanan penutup dan minuman

·         Sebuah counter di mana pelanggan ditempatkan dan menerima pesanan mereka .
Proses
Proses produksi massal mengharuskan setiap restoran rantai memiliki jaringan distribusi untuk membawa makanan untuk setiap restoran . Gudang menyimpan sejumlah besar dari segala sesuatu restoran kebutuhan . Termasuk makanan , produk kertas dan membersihkan persediaan . Gudang kapal pasokan ke masing-masing restoran dengan truk . Pergudangan dan distribusi , seperti manajemen rantai , terpusat daripada ditangani oleh masing-masing restoran .
Dalam beberapa rantai , manajer melacak persediaan restoran tentang makanan, pembungkus , gelas , dan barang-barang lain yang diperlukan . Mereka sering memesan semuanya restoran butuhkan dari pusat distribusi , yang kapal kepada mereka .

Dalam rantai lain , itu otomatis , yang artinya , komputer melacak dari apa restoran memiliki dan harus ada di tangan , atau pusat distribusi kapal item yang diperlukan pada jadwal teratur bukannya menunggu permintaan dari restoran .
McDonald adalah selalu tertarik untuk mengambil alih tugas penting untuk mengubah perusahaan sekitar untuk memenuhi permintaan pelanggan . Salah satu langkah thefirst yang prposeshas berkunjung ke berinovasi proses manufaktur dan logistik .
Ini telah dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan efisiensi dari rantai pasokan dalam hal kapasitas , pilihan teknologi, dan membeli kebijakan .

3 . Logistik Outbound
McDonald berkomitmen untuk menyediakan makanan dan layanan yang unggul kualitas tertinggi , pada nilai yang besar , di lingkungan yang bersih dan ramah . Itu sebabnya kami bekerja dengan karyawan , franchisee , dan pemasok untuk melayani array seimbang pilihan makanan dan memberikan informasi nutrisi yang diperlukan bagi pelanggan untuk membuat keputusan suara .
Pada tingkat restoran , McDonald difokuskan pada konservasi energi , kemasan yang berkelanjutan , dan manajemen limbah . Kami berdedikasi untuk inovasi dan meningkatkan operasi kami untuk membangun , ramah lingkungan , dan menguntungkan bisnis bahkan lebih berkelanjutan . Dan kami akan terus reoptimize menu kami , memodernisasi pengalaman pelanggan , dan memperluas aksesibilitas untuk merek kami , sehingga konsumen akan selalu menikmati pengalaman McDonald maksima

4 . Pemasaran dan Penjualan
Restoran McDonald ditemukan di 119 negara dan teritori di seluruh dunia dan melayani 58 juta pelanggan setiap hari . McDonald mengoperasikan lebih dari 31.000 restoran di seluruh dunia , yang mempekerjakan lebih dari 1,5 juta orang . Perusahaan ini juga mengoperasikan merek restoran lain, seperti Tumpukan Café .
Berfokus pada merek inti , McDonald mulai divestasi diri dari rantai lain telah diperoleh selama tahun 1990-an . Perusahaan memiliki saham mayoritas di Chipotle Mexican Grill sampai Oktober 2006, ketika McDonald yang sepenuhnya divestasi dari Chipotle melalui bursa saham . Sampai dengan Desember 2003, juga dimiliki Donatos Pizza . Pada tanggal 27 Agustus 2007, McDonald terjual Boston Market ke Sun Capital Partners .
Khususnya , McDonald telah meningkat dividen pemegang saham selama 25 tahun berturut-turut , menjadikannya salah satu dari S & P 500 Dividen aristokrat Pada bulan Oktober 2012, penjualan bulanan jatuh untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun .
pengiklanan
McDonald telah selama beberapa dekade mempertahankan kampanye iklan yang luas . Selain media biasa ( televisi, radio , dan surat kabar ) , perusahaan membuat penggunaan signifikan billboard dan signage , sponsor acara mulai dari Little League ke Olimpiade olahraga , dan membuat pendingin minuman jeruk dengan logonya tersedia untuk acara lokal dari semua jenis . Meskipun demikian , televisi selalu memainkan peran sentral dalam strategi iklan perusahaan .
Sampai saat ini , McDonald telah menggunakan 23 slogan yang berbeda di Amerika Serikat iklan , serta slogan-slogan lainnya beberapa negara-negara tertentu dan wilayah . Pada waktu, itu telah mengalami kesulitan dengan kampanye tersebut.

2.2 Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan Mc Donald
Kesuksesan bisnis Mc Donald tidak terlepas dari manajemen mutu di perusahaan Mc Donald yang senantiasa dilakukan pengembangan dan peningkatan setiap saat. Keberadaan manajemen mutu yang diterapkan oleh perusahaan Mc Donald ini dilandaskan pada perangkat ISO 9001 : 2008 yang menjamin seluruh aktivitas produksi serta pemasaran sesuai dengan ketentuan prosedur pelayanan dan penjualan produk internasional. Untuk menerapkan ketentuan manajemen mutu dari ISO 9001 ini tentulah tidak mudah.
Perusahaan yang bercita – cita menjadi restoran cepat saji yang paling baik, paling cepat melayani di seluruh dunia ini harus melakukan beberapa tahapan penerapan ISO 9001.
Adapun tahapan yang sudah dilalui oleh perusahaan Mc Donald untuk bisa menjamin mutu kualitas produknya ini antara lain yaitu :
Tahapan Penyusunan Manajemen Mutu di Perusahaan Mc Donald
Tahap I : Gap Analysis
Tahapan yang pertama dalam penerapan ISO di perusahaan Mc Donald ini menggunakan analisis proses dan prosedur yang berjalan dalam suatu organisasi. Konsultan ISO biasanya akan menentukan seberapa besar gap atau perbedaan antara proses produksi perusahaan dengan persyaratan dasar perusahaan yang akan melakukan atau menerapkan ISO.

Tahap II : Pelatihan dan Persiapan
Tahapan kedua ini dilakukan oleh seorang konsultan ISO yang mengajarkan bagaimana cara memberikan pemahaman yang jelas pada karyawan tentang persyaratan serta prosedur ISO.
Perlu diketahui oleh sebuah perusahaan yang akan melakukan penilaian ISO perusahaan bahwasannya setiap persayaratan ISO ini sudah disamakan dengan berbagai perusahan produksi nasional sehingga patokan yang dijalankan dalam penilaian mutu perusahaan setara dengan perusahaan lainnya. Untuk itulah, kredibilitas penilaian ISO dapat dipercaya 100%, dengan ketentuan Badan Sertifikasi yang melakukan penilaian tersebut merupakan badan pembuat sertfikasi yang terpercaya.

Tahap III : Pengembangan Sistem dan Dokumentasi
Konsutan ISO mulai melakukan pembenahan pada perusahaan terkait manual mutu, prosedur yang wajib, instruksi kerja, sampai dengan form – form yang harus dibuat. Dengan kata lain, konsultan ISO sudah mulai melakukan pembenahan tentang prosedur ISO yang tepat untuk dilakukan oleh perusahan pelaksana proses produksi tersebut.

Tahap IV : Impelementasi Sistem dan Dokumen
Pada tahapan yang keempat, perusahaan mulai harus melakukan implementasi persyarakat ISO dengan pengaturan sistem manajemen mutu yang sesuai. Tahapan ini diartikan sebagai upaya menyama ratakan persyaratan dasar perusahaan produksi yang tepat menurut badan sertifikasi proses produksi terpercaya di Indonesia. Indikator yang dilakukan pun sama sehingga diharapakan bisa memberikan penilaian kelayakan dari berbagai usaha yang ada di negara kita. Tahapan ini dijadikan acuan dalam pemantauan proses mutu manajemen dari perusahaan.

Tahap V : Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
Konsultan akan melakukan pemantauan ulang pada perusahaan yang menerapkan persyaratan ISO dalam bentuk audit internal dan tinjaua manajemen. Namun sebelum melakukan penilaian yang matang mengenai audit internal dan tinjauan manajemen ini, konsultan ISO 9001 : 2008 ini melakukan pelatihan khusus pada perusahaan tersebut untuk bisa menjalankan audit internal dalam organisasi secara personal.

Tahap VI : Sertifikasi
Setelah penilaian yang dilakukan oleh konsultan terlampaui secara seluruhnya, maka perusahaan yang dinilai memenuhi kriteria kelayakan serta kesesuaian dengan sistem ISO akan langsung mendapatkan sertifikat ISO yang diberikan oleh Badan Sertifikasi yang diakui. Tahapan penerapan ISO yang terakhir ini dinyatakan sebagai penetuan label kelayakan perusahaan produksi.
Penjaminana manajemen mutu yang selanjutnya didapatkan oleh perusahaan Mc Donald ini diwujudkan melalui strategi penjualannya. Adapun beberapa strategi penjualan produk Mc Donald ini diantaranya yaitu :
Strategi Penerapan Manajemen Mutu di Perusahaan Mc Donald
·         Menjalin kerjasama dengan perusahaan besar lainnya seperti dengan perusahaan coca cola
·         Melakukan pengukuhan atau pengakuan atas brand image atau merk perusahaan
·         Slogan periklanan yang dibuat menarik salah satunya dengan kata – kata “I’m Loving it!” yang bisa memberikan persepsi baik pada produk Mc Donald
·         Dilakukannya pelatihan profesionalitas pegawai pada Hamburger University
·         Aktif dalam kegiatan amal anak – anak
·         Menyediakan sistem delivery order yang memudahkan konsumen, serta banyak lagi strategi bisnis yang dilakukan untuk mendukung penerapan manajamen mutu di perusahaan Mc Donald.
   
BAB III 
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Restoran McDonald ditemukan di 119 negara dan teritori di seluruh dunia dan melayani 58 juta pelanggan setiap hari . McDonald mengoperasikan lebih dari 31.000 restoran di seluruh dunia , yang mempekerjakan lebih dari 1,5 juta orang
Kegiatan McDonalds sangat berperangaruh terhadap keberlangsungan sebuah perusahaa ini untuk mencapai tujuan dan menjamin produktivitas produk yang diciptakan.
Sistem Manajemen Mutu di Perusahaan Mc Donald, berperan penting dalam menentukan kualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Serta berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan didalam kegiatanya bersaing dengan kompetitornya atau pesaing.

3.2 Saran

·            Pihak McD harus terus mempertahankan kualitas dari atribut rasa dan aroma agar produk yang dibuat sesuai dengan harapan konsumen dan dapat menyaingi pesaing utamanya yaitu KFC .
·         Pihak manajemen McD sebaiknya melakukan diversifikasi jenis makanan dengan menambah beberapa menu sehingga menjadi lebih variatif. Sementara untuk jumlah porsi pihak McD harus menambahkannya agar keinginan dari konsumen dapat terpenuhi.
·         Pihak McD perlu mempertimbangkan kembali kinerja dari atribut kemasan bawa pulang karena dirasakan terlalu berlebihan.
·         Pihak McD lebih sering mengadakan diskon terhadap produk-produknya agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung ke McD dan melakukan pembelian.


2 komentar:

  1. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  2. How to Play Pai Gow Poker | BetRivers Casino - Wolverione
    Pai Gow Poker is an online worrione version of a traditional table game in which players place bets in kadangpintar the poormansguidetocasinogambling.com background. Pai febcasino.com Gow novcasino Poker uses only the symbols from a

    BalasHapus